0856 6420 7562
0856 6420 7562
0856 6420 7562

Manfaat Bayam Merah bagi Ibu Hamil

Thursday, November 21st 2019. | Kesehatan Ibu Hamil

7 Faktor Yang Membahayakan Ibu Dan Janin

Selain bayam hijau, sayuran satu ini juga memiliki jenis lain yakni bayam merah. Bayam merah memiliki ukuran yang lebih kecil dengan tekstur yang lebih tebal dibandingkan bayam biasa.

Kandungan nutrisi yang dimiliki sayuran dengan batang dan daun berwarna merah ini tak kalah banyak dari jenis lainnya.

Bahkan untuk dikonsumsi ibu hamil pun sangat disarankan demi kesehatan kehamilan dan janinnya. Bayam merah memang kurang terlalu familiar. Namun mengetahui apa saja manfaat yang ada di dalamnya sangat penting untuk ibu hamil.

Ibu hamil bisa mencoba mengonsumsi jenis sayuran ini sebagai alternatif sumber makanan sehat Anda, di dalam bayam merah Anda bisa mendapatkan zat anti tumor, vitamin A, serat, hingga berbagai jenis nutrisi lainnya.

Biasanya dalam mengonsumsi sayuran satu ini, Anda bisa mencoba dengan cara direbus atau dibuat dengan jus bersama madu. Nah, bagi yang penasaran apa saja manfaat bayam merah bagi ibu hamil, berikut ini ulasan selengkapnya.

Berbagai Manfaat Bayam Merah Bagi Ibu Hamil

  1. Memperkuat sistem imun

Kandungan antioksidan yang terkandung pada bayam merah cukup tinggi. Ancaman radikal bebas, infeksi, kuman, dsb bisa Anda minimalisir dengan mengonsumsi jenis bayam ini.

Sistem imun yang kuat juga akan menggerus perkembangan sel kanker dan tumor. Konsumsi bayam merah terutama ketika trimester akhir agar fungsi antibodi ibu hamil dan janin lebih optimal.

  1. Menyehatkan mata

Bayam merah mengandung vitamin A yang tinggi. Jenis vitamin satu ini bermanfaat memperbaiki sel-sel yang rusak terutama di bagian mata.

Masalah penglihatan pasca melahirkan pun diharapkan bisa diminimalisir dengan mengonsumsi bayam merah. Kandungan vitamin A nya sendiri sangat tinggi sehingga baik pula manfaatnya untuk perkembangan organ mata janin Anda.

  1. Mencegah anemia

Sama halnya dengan bayam hijau, bayam merah juga kaya zat besi. Zat besi berfungsi agar produksi sel darah merah menjadi lebih optimal.

Ibu hamil yang notabene rentan terkena anemia sebaiknya mencukupi asupan zat besi, dan salah satunya dengan mengonsumsi sayuran satu ini.

Selain dimasak, Anda bisa mencoba membuat jus bayam merah yang dicampur melon dan madu agar asupan zat besinya lebih optimal.

  1. Melancarkan proses pencernaan

Bayam merah merupakan sumber serat sehingga efeknya sangat baik bagi pencernaan. Anda bisa mengonsumsi jenis sayuran satu ini untuk memperlancar proses pencernaan.

Pencernaan yang terganggu kerap dialami oleh ibu hamil, terlebih ketika kehamilannya sudah semakin membesar. Konsumsi makanan kaya serat seperti bayam merah bisa menjadi solusi untuk memperlancar pencernaan.

  1. Memaksimalkan perkembangan janin

Di dalam bayam merah terdapat kandungan Folat serta Betain. Kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk memaksimalkan proses perkembangan janin.

Perkembangan saraf dan berbagai macam sel tubuh lainnya menjadi lebih optimal. Anda bisa mencoba mengonsumsi sayur bayam merah untuk mendapatkan asupan folat serta betain bagi janin Anda.

Itu dia berbagai manfaat bayam merah bagi ibu hamil. Untuk memaksimalkan penyerapan nutrisinya, cobalah meminum segelas jus jeruk agar proses penyerapan nutrisinya menjadi lebih optimal.

Artikel lain Manfaat Bayam Merah bagi Ibu Hamil