0856 6420 7562
0856 6420 7562
0856 6420 7562

Pentingnya Pemisahan Sampah Organik dan Anorganik

Sunday, October 3rd 2021. | Lingkungan

Tempat sampah organik dan anorganik saat ini memang sangat banyak diminati. Hal ini disebabkan karena kepedulian terhadap pembuangan makin tinggi. Akan tetapi tidak sedikit yang merasa belum paham betul mengapa memisahkan sampah adalah hal yang penting. Berikut ini adalah beberapa informasi penting mengenai memisahkan sampah yang harus Anda ketahui.

Memudahkan daur ulang

Indonesia memiliki banyak sekali tempat pembuangan sampah akhir yang sangat disorot karena menggunung dan sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu pemandangan tetapi juga mengganggu dari segi polusi udara dan juga mengganggu kesehatan.

Sampah yang menggunung ini disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah karena proses daur ulang yang sulit di lakukan. Mengapa proses daur ulang tidak bisa dilakukan? Hal ini disebabkan karena dari masa ke masa, sampah di Indonesia memang tidak dipisahkan antara sampah basah dan sampah kering.

Pencampuran sampah basah dan sampah kering inilah yang membuat proses daur ulang sulit atau bahkan tidak bisa dilakukan. Jika ingin di daur ulang, sampah harus dibersihkan dahulu agar menjadi produk yang aman untuk digunakan nantinya.

Oleh karena itu, dengan memisahkan sampah organik yaitu sampah basah dengan sampah kering, proses memisahkan sampah menjadi lebih mudah sehingga daur ulang juga lebih cepat dilakukan. Dengan proses daur ulang sampah bertumpuk bisa dikurangi sehingga tidak bertambah dan menyebabkan gunungan sampah.

Meminimalisir penyakit karena sampah

Seperti disebutkan sebelumnya, selain menyebabkan gunungan sampah, hal lain yang sering menjadi masalah dari gunungan sampah adalah penyakit yang disebabkan karena sampah. Sampah tidak hanya berupa benda organik seperti sisa makanan dan juga benda kering seperti kertas.

Selain jenis sampah di atas, ada juga beberapa jenis sampah lain seperti sampah medis dan sampah kesehatan lainnya. Misalnya tisu bekas batuk atau masker bekas pengguna flu. Inilah yang membuat masalah kesehatan pada lingkungan. Bukan hanya itu saja, sampah organik yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menjadi sarang kuman dan penyakit yang pasti membahayakan bagi kesehatan.

Dengan menggunakan tempat sampah yang bisa dipisahkan, sampah-sampah yang membahayakan bisa dikumpulkan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat penggunaan tempat sampah organik dan anorganik menjadi pembantu yang sangat penting dalam masalah lingkungan dan pengelolaan sampah.

Jika Anda sudah sadar dengan pentingnya memisahkan sampah, maka pastikan Anda segera melengkapi dapur Anda dengan tempat sampah yang tepat untuk membedakan sampah organik dan non organik. Sekarang sangat mudah lho menemukan tempat sampah seperti ini!

Artikel lain Pentingnya Pemisahan Sampah Organik dan Anorganik